MENU

PENDIDIKAN

 

PENDIDIKAN PROFESI ADVOKAT

INFORMASI

Beranjak dari keprihatinan Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Advokat Indonesia (“DPP AAI”) terhadap standar kurikulum penyelenggaraan pendidikan profesi advokat dari banyaknyaorganisasi profesi advokat yang ternyata tidak sesuai dengan ketentuan yangdiatur dalam peraturan perundang-undangan khususnya dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (“UU Sisdiknas”) dan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat (“UU Advokat”), maka DPP AAI telah menerbitkan buku prosiding yang di dalamnya memuat rekomendasi-rekomendasi penting yang dicetuskan dalam Workshop Nasional Program Pendidikan Profesi Advokat AAI yang diselenggarakan pada tanggal 21 September 2016 (“Workshop AAI”) yang mengundang para akademisi di Indonesia, antara lain: Prof. Dr. Johannes Gunawan, S.H., LL.M.; Prof. Dr. Moh. Mahfud MD; Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum.; dan Dr. AF. Elly Erawaty, S.H., LL.M.

 

Salah satu rekomendasi terpenting dalam buku prosiding yang telah disusun adalah pendidikan profesi advokat diselenggarakan oleh perguruan tinggi bekerjasama dengan organisasi profesiadvokat untuk memenuhi level 7 Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (“KKNI”). Adapun ternyata rekomendasi tersebut kemudian sejalan dengan Putusan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia No. 95/PUU-XIV/2016 tanggal 23 Mei 2017 yang mensyaratkan agar Pendidikan Profesi Advokat dilaksanakan bekerja sama dengan Fakultas Hukum Perguruan Tinggi atau Sekolah Tinggi Hukum dengan akreditasi minimal B.

Pendidikan Profesi Advokat (PPA) yang telah memenuhi klasifikasi Level 7 KKNI saat ini dilakukan oleh DPP AAI bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (Kelas Jakarta) dan University of Queensland Australia (Double Degree).

 

Dengan mengikuti Pendidikan Profesi Advokat (PPA) ini, peserta dapat memenuhi syarat untuk mengikuti Ujian Advokat yang disenggelarakan oleh DPP AAI setelah menempuh satu semester pendidikan sebanyak 24 SKS (telah memenuhi standar Pendidikan Profesi Level 7 KKNI). Selanjutnya, kredit SKS yang telah ditempuh dalam satu semester Pendidikan Profesi Advokat (PPA) tersebut dapat digunakan peserta untuk melanjutkan pendidikan Strata 2 untuk mendapatkan gelar Double Degree Magister Hukum (MH) dan Master of Law (LLM) dari Universitas Gadjah Mada dan University of Queensland.

 

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

  1. R. Astuti Sitanggang, S.H., M.H. (Wakil Ketua Umum AAI / Ketua Komite Pendidikan Profesi Advokat) : 08161908054
  2. Efendy H. Purba, S.H., M.H. (Ketua Bidang Pendidikan Khusus Profesi Advokat): 0811154477 / 0811949407

atau email: PPA@asosiasiadvokatindonesia.id

JADWAL PENDIDIKAN PROFESI ADVOKAT

Coming Soon! Something Great for the Best Quality of Indonesian Advocate/Lawyer