Cara Update E-faktur 3.2 Terbaru 2022

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kembali memperbarui versi terbaru dari sistem aplikasi E-faktur untuk mengakomodasi kebutuhan layanan perpajakan.

Misalnya seperti kenaikan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 11% sesuai dengan ketentuan Undang-Undang No. 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan.

Aturan ini mulai berlaku 1 April 2022 dan beberapa ketentuan dalam layanan E-faktur lainnnya.

Teknologi E Faktur

Aplikasi E Faktur

E-Faktur 3.2 mengadopsi sistem manajemen faktur pajak elektronik ini untuk menggantikan versi sebelumnya yaitu E-faktur 3.1.

Dengan adanya regulasi tarif yang baru, tentunya juga berdampak pada pengelolaan faktur pajak yang diterbitkan melalui aplikasi E-faktur.

Pada aplikasi E-faktur lama (E-faktur versi 3.1) tidak termasuk tarif pajak 11% tetapi masih menggunakan sistem perhitungan 10%.

Sehingga Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menghimbau kepada wajib pajak untuk memperbaharui E-fakturnya. sesuai update terbaru yaitu E-faktur Versi 3.2.

Kamu dapat mengunduh aplikasi E-faktur versi 3.2 dari situs E-faktur.pajak.go.id.

Cara Download E Faktur 3.2

Cara mendownload E-faktur versi 3.2 sangatlah sederhana. Kamu dapat mengunjungi situs resminya untuk mengunduh E-faktur 3.2 resmi di https://e-faktur.pajak.go.id/aplikasi.

Link E Faktur

Setelah itu kamu tinggal menekan tombol download disini pada aplikasi E-faktur Patch 3.2 sesuai dengan OS yang kamu gunakan.

Untuk dapat melakukan update E-faktur 3.2, terlebih dahulu kamu harus mempersiapkan spesifikasi perangkat komputer yang sesuai dengan sistem yang akan diunduh dari DJP.

Perlu diperhatikan bahwa sebelum mendownload patch E-faktur 3.2 terbaru, kamu harus melakukan backup data.

Kamu dapat memilih E-faktur Application Update Patch 3.2 sesuai dengan spesifikasi perangkat komputer, baik itu Windows 32-bit, Windows 64-bit, Linux 32-bit, Linux 64-bit atau Mac 64-bit.

Berikut langkah-langkah cara update E-faktur 3.2, yaitu :

Cara Update E Faktur 3.2

  1. Langkah pertama kamu dapat mengubah nama folder E-faktur versi sebelumnya. dan agar mudah ditemukan kamu dapat mengubahnya dengan menambahkan kata”-old” pada folder tersebut.
  2. Download patch update aplikasi E-faktur versi 3.2 pada website resmi E-faktur.pajak.go.id. jika sudah selesai kemudian ekstrak file tersebut. Pastikan E-faktur versi 3.2 tidak menghapus folder E-faktur yang lama.
  3. Selanjutnya kamu dapat jalankan aplikasi EtaxInvoice.exe dan jika sudah muncul tulisan registrasi kamu tidak perlu mengisinya dan lewati saja tahap ini.
  4. Kemudian salin folder “db” yang ada pada E-faktur versi lama dan pindahkan pada folder E-faktur versi 3.2 yang telah diekstrak.
  5. Setelah itu klik “EtaxInvoiceUpd.exe” pada E-faktur versi terbaru, tunggu hingga prosesnya selesai.
  6. Jika prosesnya sudah selesai, langkah selanjutnya adalah mengubah nama EtaxInvoiceUpd.exe menjadi EtaxInvoiceUpd_OLD.exe.
  7. Langkah terakhir, jalankan EtaxInvoice.exe seperti biasa. Kemudian, kamu dapat masuk dengan memasukkan nama pengguna dan kata sandi yang sama dengan versi E-faktur sebelumnya.

Kamu dapat mengetahui apakah aplikasi E-faktur telah diperbarui  dengan pemberitahuan aplikasi berupa “Versi Aplikasi: 3.2.0.0”.

Setelah menyelesaikan pembaruan, kamu dapat menginstal ulang e-Cert.

Untuk menginstal ulang e-Cert, klik menu “Referensi” dan pilih “Manajemen Sertifikat”. Kemudian, klik Buka dan pilih Sertifikat Elektronik. Masukkan kata sandi e-Cert, klik OK dan pilih simpan.

Seperti itulah cara mengupdate aplikasi E-faktur ke versi 3.2. Jika masih mengalami error saat melakukan update kamu dapat lakukan hal berikut :

Jika saat proses update muncul tulisan “the system cannot find the path specifed”, pastikan aplikasi E-faktur dapat memiliki controlled acces.

Jika menggunakan Windows 10 dan Windows Defender (antivirus dari Windows) lakukan hal ini :

  1. Pada notifikasi di bagian pojok kanan bawah akan muncul “controlled folder access blocked etaxinvoiceupd.exe from making change”.
  2. Klik notifikasi paling atas, pastikan nama etaxinvoiceupd.exe, dan protected folder untuk folder backup. kemudian pada tombol action pilih allow access/allow app.
  3. Jalankan ulang etaxinvoiceupd.exe.

Tidak ada pemberitahuan error jika aplikasi tidak dapat dibuka setelah memperbarui faktur. Pertama, periksa total RAM yang terpasang di laptop atau komputer yang kamu gunakan. Setelah mengetahui jumlah RAM di perangkat kamu, lakukan hal berikut.

  1. Pada folder E-faktur buka mem_config dan ketik jumlah RAM untuk E-faktur dan tekan enter.
  2. Jumlah RAM yang dimasukkan ke dalam E-faktur adalah 1/2 – 3/4 dari total RAM laptop/komputer. Misal kapsaitas RAM 8 GB masukkan 6000, jika besar RAM 4 GB masukkan 2000 dan seterusnya.
  3. Jika langkah-langkah ini telah selesai, buka kembali aplikasi  E-faktur tersebut.

Langkah diatas adalah salah satu cara untuk mengatasi error saat mengupdate aplikasi E-faktur terbaru. Sebelum memperbarui aplikasi E-faktur, pastikan untuk mencadangkan folder aplikasi E-faktur untuk menghindari kesalahan saat memperbarui (copy/paste) aplikasi E-faktur.